Memang bila dilihat di model Suzuki Satria model terkini lebih berkesan feminine-maskulin. Maksudnya bisa dipakai cewek maupun cowok buat bergaya, bahkan dengan pakai rok bisa saja menggunakan peda motor laki ini. Tentunya kesan dan fungsi yang dimiliki membuat banyak peminat motor laki ini.
Suzuki satria sebenarnya masuk kategori kelas sepeda sporty seperti megapro, vixion, yang memiliki varian harga yang tidak terlalu jauh bedanya. Hanya memang lebih terlihat ramping, karena beratnya memang di bawah 100 kg, sehingga cukup ringan untuk ukuran cewek yang memakainya. Lain dengan pesaingnya yang berada di kisaran berat di atas 100 kg.
Keunggulan lain dari Suzuki Satria ini adalah kemudahan dalam perpindahan kopling, meskipun beberapa memang tidak menyukai sepeda model kopling ini. Memang pada jalanan macet lebih enak pake sepeda motor matic, namun dalam hal power sepeda motor laki dengan 150CC ini lebih bertenaga dan lumayan ringan tarikannya. Memang bukan masalah adu cepat, namun sepeda motor yang cukup nyaman dikendarai dan lebih cepat lebih dipilih.
Hal ini memang sesuai dengan kemampuan mesin yang lebih power, tentunya denga kapasitas pengereman yang lebih baik. Dua rem cakram depan belakang cukup bisa mengendalikan laju speda motor ini secara stabil. Meskipun memang untuk kategori sepeda motor tetap butuh jangka jarak untuk menentukan mode pengereman yang aman. Namun rem cakram lebih unggul dibandingkan rem kampas dalam hal pemeliharaan maupun daya pakemnya.
Harga dan spesifikasi Suzuki Satria
Suzuki Satria F150 Rp. 18.800.000
Suzuki Satria F150 Black Fire Rp. 19.300.000
Sebenarnya ada beberapa varian Suzuki Satria yang diproduksi sebelumnya, namun tidak mengalami perbedaan revolusioner. Hanya perubahan aerodinamika dan asesoris yang melengkapi motor ini. Harga Suzuki Satria memang masuk kategori pesaingnya megapro, vixion, meskipun dengan harga dan desain yang lebih fleksibel bila dibandingkan dengan para pesaingnya.
Suzuki Satria tetap memiliki keunikan, lebih fleksibel, meskipun pernah disaingi dengan yupiter MX. Namun tidak terlalu bisa mengalahkannya, tetap saja satria lebih ringan, modis dan bergaya. Meskipun secara spek hampir sama dengan para pesaingnya, juga masalah power yang sering menjadi tuntutan dalam adu sebuah motor. Tetap saja satria memiliki pangsa pasar yang unik. Modelnya yang ramping lebih bisa bergaya dibandingkan para pesaingnya.
Namun yang jelas fleksibiliti yang bisa dipakai buat cewek dan cowok buat bergaya membuat motor satria lebih ramai peminatnya. Bisa saja akan lain bila diadu kecepatan dalam sebuah jalan, namun untuk sebuah sepeda yang modis ini akan lain hasilnya. Penilaian akan berbeda tergantung pada pengalaman dalam menggunakan sepeda motor sebelumnya. Bisa jadi power lebih penting dari sekedar bergaya, namun inipun bisa jadi untuk sebaliknya.