Memang sepeda motor matic memiliki kemudahan dalam menggunakannya, apalagi yang terbaru memiliki teknologi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Sepeda motor matic yang baru rilis memperkenalkan beberapa fitur yang menarik seperti system injeksi, rem lebih reponsif, yang membuat matic yang baru banyak diburu orang. Kemudahan dalam system pembelian juga membuat sepeda motor matic laris manis.
Meskipun beberapa fitur lama masih dipertahankan, kelemahan matic seperti kekuatan akinya memang masih belum tersentuh. Banyak yang menilai perubahan besar masih diperlukan agar sepeda motor matic lebih mudah perawatannya. Meskipun system yang ada terbukti masih cukup bagus dalam mereparasi kondisi sepeda matic yang sudah tua.
Beberapa lebih senang menjual maticnya yang lama dan membeli yang baru, memang tidak seperti sepeda motor biasa yang bisa dibikin berlama-lama. Justru matic yang baru tampil lebih irit dan ringan dalam tarikan pertamanya. Meskipun harga teknologinya masih dibandrol cukup tinggi, toh banyak juga pemburunya. Boleh dibilang angka penjualan sepeda motor matic baru sangat tinggi. Meskipun penjualan bekasnya juga sangat tinggi pula.
Pilih sepeda motor matic yang irit bahan bakar
Selama ini sepedamotor matic memang identik dengan boros bahan bakar. Bila dibandingkan dengan sepeda motor biasa dengan CC yang sama, rasionya bisa sampai dua kali lipat. Meskipun ini sudah mulai diperbaiki dengan teknologi baru pada sepeda motor matic yang baru, namun tetap belum bisa menaklukan keiritan sepeda motor biasa.
Pertmbangan irit bahan bakar memang menjadi penting saat komponen ini juga merangkak naik. Untuk jarak dekat mungkin oke-oke saja, namun tidak untuk jarak jauh, bisa tekor biaya bahan bakarnya. Meskipun dengan teknologi baru sekalipun, selama CC-nya juga besar, tetap memberi beban yang berat di bahan bakar. Namun saat ini sudah banyak pilihan akan produksi matic yang benar-benar irit bahan bakar, sekaligus bagus harganya.
Harga sepeda motor matic baru
Jenis sepeda motor matic
|
Harga
(Rp jt) |
Honda Beat FI CBS |
13.900.000
|
Honda Beat FI CW |
13.250.000
|
Honda Beat FI STD |
12.450.000
|
Honda Scoopy FI |
14.200.000
|
Honda Verza 150 SW |
16.400.000
|
Honda Vario CW |
14.700.000
|
Honda Vario Techno 125 PGM-FI |
15.650.000
|
Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS |
16.550.000
|
Honda Vario Techno NCBS |
15.500.000
|